Senin, 30 Januari 2012

Sushi Similikiti Weleh Weleh :D

Yoo~ saya kembali #dih..siapa elu?
Hahahaha, oke oke kali ini nih saya mau berbagi info tentang sushi nih ^.^
Ya, tentu untuk beberapa kalangan, makanan ini sudah tidak asing lagi dong? Dan lagi pula santapan-sanpatan Jepang memang sudah menjadi bagian dari koleksi kuliner di negara tercinta kita ini, Indonesia. Hal itu terbukti dengan sudah ada banyaknya restoran Jepang yang tersebar dimana-mana. Hmm.. Sebenarnya, saya terinspirasi berbagi info tentang sushi ini gara-gara kemarin saat saya ekskul Japan Club di sekolah saya, saya dan teman-teman yang lain membicarakan mengenai makanan dan minuman dari negara sakura itu. Tapi, untuk kali ini saya hanya berbagi hal-hal mengenai Sushi saja dulu ya.. yang lainnya bisa nyusul deh. Yosh.. kalau gitu langsung aja ya. Cekedot..


Apa sih Sushi itu?
Sushi (, , atau biasanya すし, 寿司) adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran yang mentah atau yang sudah dimasak. Nasi sushi memiliki rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam dan gula.
Asal-usul kata sushi adalah dari kata sifat untuk untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji () merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan yang disebut goshō (), yaitu membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi ( koji), atau ampassake ( kasu). Penulisan sushi menggunakan huruf kanji (寿司) dimulai pada zaman Edo periode pertengahan dan merupakan cara peulisan ateji yang menulis dengan huruf kani lain yang berbunyi sama.

Jenis-jenis Sushi :

Nigirizushi

Mungkin ini tipe sushi yang paling familiar buat kita-kita nih.. Nigirizushi artinya adalah hand-formed sushi. Nigirizushi merupakan sushi yang dibentuk menggunakan telapak tangan, dengan nasi berbentuk oval. Nasi yang telah dibentuk sedemikian rupa tersebut ditutup oleh topping, biasanya salmon, tuna, gurita (tako), belut (unagi), cumi, dan lain-lain.
Bentuk lain nigirizushi adalah gunkanmaki. Dengan bentuk nasi yang sama sekeliling nasi dibalut oleh nori (rumput laut), kemudian diberi topping yang umumnya berukuran kecil-kecil dan banyak, misalnya roe, baby octopus, dan sebagainya.


Makizushi

Makizaku artinya adalah rolled sushi. Sushi yang satu ini dibuat dengan menggunakan bamboo mat untuk menggulung nasi, yang umumnya dibalut nori, dengan 2 atau lebih filling yang berada di dalam nasi. Filling bisa berupa potongan salmon, ketimun, telur dadar, unagi, dan sebagainya. Makizushi biasanya dipotong-potong menjadi 6-8 potong per sajiannya.

Makizushi juga ada beberapa jenis, diantaranya yaitu:
Futomaki yang artinya large rolls, yaitu rolled sushi berisi 2-3 filling berdiameter 3-4 cm.


Hosomaki alias thin rolls, yaitu rolled sushi yang umumnya berisi 1 filling berdiameter 2 cm.


Temaki alias selembar nori yang digulung menyerupai bentuk cone, berisi nasi dan filling. Temaki harus dimakan sesegera mungkin setelah dibuat sebab nori berbentuk cone akan menyerap kelembaban sehingga sulit digigit.


Oshizushi

Atau yang artinya arti pressed sushi, tipe ini adalah specialty sushi dari daerah Osaka. Menggunakan cetakan berbentuk kotak dari kayu bernama oshibako, pembuat sushi meletakkan topping sushi di dasar oshibako, menutupi topping tersebut dengan nasi, lalu oshibako ditutup untuk menciptakan bentuk kotak. Sushi ini kemudian dipotong-potong agar lebih mudah dimakan.



Inarizushi

yang berarti stuffed sushi. Di mayoritas restoran Jepang, sushi tipe ini adalah tofu yang digoreng dan dibentuk menyerupai pouch dan diisi nasi. Namun di beberapa tempat, terkadang tofu bisa diganti dengan omelet tipis yang juga dibentuk menyerupai pouch.


Chirashizushi

Arti Chirashizushi adalah scattered sushi. Chirashizushi adalah semangkok nasi sushi yang diberi topping di atasnya atau dicampurkan ke nasi. Orang-orang Jepang banyak menyukai sushi jenis ini karena simple, enak, dan mengenyangkan. Chirashizushi umumnya banyak beredar saat diselenggarakan Festival Boneka di Jepang yang dirayakan setiap bulan Maret.


Western-style/fusion sushi

Meningkatnya popularitas sushi membuat para chef berkreasi dengan hidangan sushi, umumnya makizushi yang fillingnya dapat disesuaikan dengan selera. Campuran elemen ala Barat kini telah menjadi umum di restoran sushi di seluruh dunia, misalnya menu California Roll (berisi alpukat, crabstick, ketimun, dan tobiko), Philadelphia Roll (berisi smoked salmon, Philadelphia cheese, dan ketimun), Spider Roll (soft shell crab goreng, ketimun, alpukat, roe, dan spicy mayonnaise), dan banyak lagi. Namun, fusion sushi ini justru tak terlalu banyak ditemukan di Jepang sebagai negara asal sushi.



Nah.. gimana ? ada yang jadi tertarik mencoba sushi-sushi tadi. Kalau saya sih, diantara semua jenis sushi tadi, hanya baru pernah makan yang California Roll. Yaa.. semoga saja saya bisa mencoba sushi-sushi yang lainnya di lain waktu dan mungkin di negara aslinya langsung. Amiiiin... #ngarep
Oh iya, buat yang mau lihat vidio tentang tata cara makan sushi ini saya kasih link-nya, kalau nggak silahkan cari vidio lainnya di youtube. Silahkan dibuka ya..


Oke deh, segitu dulu dari saya..
Mohon komentarnya ya minna-san, dan salam Burogu selalu.
Jaa~



©Burogu, 28/01/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar